Jama'ah Datang Terlambat Memindah Anak Kecil di Depan


Jama'ah Datang Terlambat Memindah Anak Kecil di Depannya

Deskripsi Masalah
Sebut saja si Budi, anak kelas 1 SD yang rajin berjama’ah. Suatu ketika Budi berjama’ah dan dia berada di shof paling awal. Pada roka’at kedua, datanglah Pak Ihsan dan dia langsung mengangkat Budi dan memindahkannya ke shof belakang dan Pak Ihsan menempati shof Budi dengan alasan si Budi tidak pantas berada di depan karena dia masih kecil.

Pertanyaan :

a. Apakah anak kecil seperti Budi bisa menghilangkan fadhilah jama’ah pada shof belakangnya?

Jawaban :

Menurut selain Imam Ghozali tidak bisa menghilangkan fadlilah jama’ah jika anak kecil tersebut lebih dahulu menempati shof awal. Dan apabila tidak lebih dahulu, maka bisa menghilangkan fadlilah.

Al Maraji’ :

o I’anah Tholibin Juz: 2 Hal: 31-32

o Manhaj Al Qowim Juz: 1 hal: 317

إعانة الطالبين (2/ 31-32)

( قوله ويقف إلخ ) أي ويسن إذا تعددت أصناف المأمومين أن يقف خلفه الرجال ولو أرقاء ثم بعده إن كمل صفهم الصبيان ثم بعدهم وإن لم يكمل صفهم النساء وذلك للخبر الصحيح ليليني منكم أولو الأحلام والنهي أي البالغون العاقلون ثم الذين يلونهم ثلاثا ومتى خولف الترتيب المذكور كره

( تنبيه ) النسوة إذا صلين جماعة تقف ندبا إمامتهن وسطهن لأنه أستر لها ومثلهن العراة البصراء فيقف إمامهم غير المستور وسطهم ويقفون صفا واحدا إن أمكن لئلا ينظر بعضهم إلى عورة أحد

( قوله ولا يؤخر الصبيان للبالغين ) أي إذا حضر الصبيان أولا وسبقوا إلى الصف الأول ثم حضر البالغون فلا ينحى الصبيان لأجلهم لأنهم حينئذ أحق به منهم

( وقوله لاتحاد جنسهم ) أي أن جنس الصبيان والبالغين واحد وهو الذكورية

المنهج القويم (ص: 317)

( ويقف ) ندبا فيما إذا تعددت أصناف المأمومين ( خلفه الرجال ) صفا ( ثم ) بعد الرجال إن كمل صفهم ( الصبيان ) صفا ثانيا وإن تميزوا عن البالغين بعلم ونحوه هذا ( إن لم يسبقوا ) أي ابلصبيان ( إلى الصف الأول فإن سبقوا ) إليه ( فهم أحق به ) من الرجال فلا ينحون عنه لهم لأنهم من الجنس بخلاف الخناثى والنساء ثم بعد الصبيان وإن لم يكمل صفهم الخناثى

b. Apakah dapat dibenarkan tindakan Pak Ihsan mengangkat (menarik) Budi dengan alasan di atas?

Jawaban :

Menurut selain Imam Ghozali tindakan tersebut tidak dapat dibenarkan karena Budi lebih berhak atas tempat tersebut sebab dia lebih dahulu menempatinya.

Al Maraji’ :

o Al fatawa Al Fiqhiyyah Al Kubro Juz: 1 hal: 229

o Ihya’ Ulumuddin Juz: 1 Hal: 200

o I’anah Tholibin Juz: 3 Hal: 210

o Hasyiyah al Bajuri Juz: 1 Hal: 43

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment