Sifat Mahmudah Dan Madzmumah

Sifat Mahmudah dan MadzMUMAH

Ngaji kitab Munjiyat hal 2-3 karya Kyai Soleh Darat Semarang :
Mengetahui sifat madzmumah(tercela) dan mahmudah (terpuji) itu bagian ilmu bathin keduanya itu fardhu ain wajib tiap-tiap muslim. Tidaklah sempurna mengetahui madzmunah dan mahmudah kecuali memahami mengerti sifatnya hati lebih dahulu. Mengetahui hati dan hakekat hati itu termasuk pokok agama dan menjadi dasar bagi ilmu thoriqoh bagi semua ahli salikin.
Adapun makna lafadz qolbun itu dua macam yang pertama makna jatung yang ada dada kiri anak adam, di dalam jantung (hati) ada lubangnya, didalam lubang tsb ada darah hitam tempat bersemayam ruh.
Kedua makna qolbun itu lathifah robbaniyah ruhaniah yaitu hakekat insan dan pintu ilmu sir(samar) wallahu a'lam.
Adapun makna lafadz ruh itu juga dua macam. Pertama jisim lathif(halus) yang bersemayam di lubang hati jasmani. Kedua makna lathifah(unsur halus) robaniyah(ketuhanan)  itu sesuai dengan makna qolbun yang kedua tsb.
Adapun makna lafadz nafsu itu dua macam yang pertama makna kuatnya ghodob( marah) dan kuatnya syahwat. Kedua makna nafsu insan dan dzat insan. Nafsu apabila menaati perintah disebut nafsu mutmainnah. Kalau tidak sempurna ketaatannya  disebut nafsu lawamah. Apabila nafsu menuruti syahwat dan bujuk rayuan syaiton maka disebut nafsu amarah.
Adapun sifatnya Qolbu ada empat macam :
1.menyerupai sifatnya binatang buas ketika marah-marah.
2.menyerupai sifatnya hewan kerbau sapi yang hanya nuruti nafsu syahwat.
3.menyerupai sifat syetan ketika menuruti keinginan syetan.
4.menyerupai sifatnya Gusti Allah yang menyukai kemuliaan dan membenci yang hina, seneng  ilmu dan benci kebodohan.
Bersambung
Salam ta'dzim

Gus Tiyanto klaten
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment