Menjelang Ramadhan Ramai Peziarah

*RAMAIKAN TRADISI ZIARAH KUBUR MENJELANG RAMADHAN.*

Tujuan utama ziarah kubur ada dua:

Pertama, tujuan yg manfaatnya kembali kpd orang yang berziarah. Bentuknya mengingatkan orang yg berziarah akan kematian dan kehidupan dunia yg fana. Bekal utama mereka adalah iman dan amal soleh.

Tujuan ini yg sering ditekankan oleh Rasulullah SAW. Dalam hadis dari Ali bin Abi Thalib , Nabi SAW bersabda,

إِنِّي كُنْتُ نَهَيْتُكُمْ عَنْ زِيَارَةِ الْقُبُورِ فَزُورُوهَا فَإِنَّهَا تُذَكِّرُكُمِ الْآخِرَةَ

”Dulu aku melarang kalian untuk ziarah kubur. Sekarang lakukanlah ziarah kubur, karena ziarah kubur mengingatkan kalian akan akhirat.” (HR. Ahmad 1236 dan dishahihkan oleh Syuaib al-Arnauth).

Dalam riwayat lain, beliau bersabda,

فَزُورُوَا الْقُبُورَ فَإِنَّهَا تُذَكّركُمُ الـمَوتَ

“Lakukanlah ziarah kubur, karena ziarah kubur akan mengingatkan kalian tentang kematian.” (HR. Ibn Hibban 3169 dan sanadnya dinilai shahih oleh Syuaib al-Arnauth).

Kedua, tujuan yg manfaatnya kembali kepada mayit

Bentuknya adalah salam dari pengunjung dan doa kebaikan utk mayit, serta seluruh penghuni kubur lainnya. Orang mati yg sudah tidak mampu menambah amal, dia sangat membutuhkan doa orang yg masih hidup.

Rasulullah SAW telah mengajarkan kpd kita salam ketika berziarah kubur.

السَّلَامُ عَلَيْكُمْ أَهْلَ الدِّيَارِ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُسْلِمِينَ، وَيَرْحَمُ اللهُ الْمُسْتَقْدِمِينَ مِنَّا وَالْمُسْتَأْخِرِينَ، وَإِنَّا إِنْ شَاءَ اللهُ بِكُمْ لَلَاحِقُونَ أَسْأَلُ اللهَ لَنَا وَلَكُمُ الْعَافِيَة

“Semoga keselamatan tercurah kepada kalian, wahai penghuni kubur, dari (golongan) orang-orang beriman dan orang-orang Islam, semoga Allah merahmati orang-orang yg mendahului kami dan orang-orang yg datang belakangan. Kami insya Allah akan menyusul kalian, saya meminta keselamatan untuk kami dan kalian.”

Hadis ini diajarkan kpd A’isyah radhiyallahu ‘anha, ketika beliau bertanya kepada Nabi  tentang salam yg dibaca pada saat ziarah kubur.

(HR. Ahmad 25855, Muslim 975, Ibnu Hibban 7110, dan yg lainnya).

Bisa juga dg bacaan yg lebih ringkas,

Dari Abu Hurairah R.A., bahwa Rasulullah SAW pernah mengunjungi kuburan. Kemudian beliau bersabda

السَّلَامُ عَلَيْكُمْ دَارَ قَوْمٍ مُؤْمِنِينَ، وَإِنَّا إِنْ شَاءَ اللهُ بِكُمْ لَاحِقُونَ

“Keselamatan utk kalian, wahai penghuni rumah kaum mukiminin. Kami insyaaAllah akan menyusul kalian.” (HR. Muslim 249)."
 maka smua ini kita lakukan utk mengingat kematian yg akan menguatkan iman  sehingga timbul kesungguhan dalam menjalani segala macam ibadah di bulan Ramadhan .

Dari keterangan  ini, maka tradisi berziarah kubur tetaplah perlu dilestarikan karena tidak bertentangan dg syari’ah Islam. Bahkan malah dapat mengingatkan akan kehidupan di akhirat nanti. Apalagi jika dilakukan di akhir bulan Sya’ban. Hal ini merupakan modal yg sangat bagus utk mempersiapkan diri menyongsong bulan Ramadhan.

Semoga bermanfaat...
Ya Allah, sampaikanlah kami pada Bulan Ramadhan. aamiiin...

Ayo yang belum Ziarah ke Makam Orang tua, Keluarga, Sama2  mendoakan keluarga yg telah berpulang ke Rahmatullah...!
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment